Kita Bisa Karena Biasa

Apa Menu Makan Peraih 11 Emas Olimpiade?
Doni Wahyudi – detiksport
AFP/Wolfgang Rattay

Baijing – Michael Phelps mengukir sejarah saat menjadi manusia pertama yang meraih 11 medali emas Olimpiade. Apa sih yang dimakan perenang Amerika Serikat ini hingga begitu supernya?

Enam medali emas di Olimpiade Athena dan lima di Beijing 2008 menjadikan Phelps sebagai atlet dengan medali emas terbanyak sepanjang sejarah Olimpiade. Dengan usia yang masih muda, rekor tersebut jelas masih bisa bertambah di Olimpiade edisi berikutnya.

Lalu apa sih yang membuat cowok 23 tahun itu begitu superior di lintasan renang? Giat berlatih sudah pasti, rahasia lain yang dimiliki Phelps terkait dengan menu makannya sehari-hari yang butuh banyak kalori mengingat aktivitas luar biasa yang dia lakukan saat berlatih maupun di tengah pertandingan.

Semuanya ternyata terletak pada telur goreng. Lebih tepatnya tiga sandwich telur goreng dengan keju, tomat, bawang serta selada. Itu saja? tentu tidak karena itu hanya menu pembuka.

“Makan, tidur dan berlatih, hanya itu semua yang bisa saya lakukan,” ungkap seperti diberitakan Timesonline.

Dengan ritme seperti itu, Phelps membutuhkan setidaknya 4.000 kalori setiap kali makan, padahal untuk pria seumurannya hanya dibutuhkan 2000 kalori setiap hari. Sangat mengejutkan memang, namun dia memang membutuhkan itu jika mengingat ada 17 pertandingan yang harus dia lakoni dalam sembilan hari kompetisi di Beijing.

Setiap harinya Phelps bangun jam 5 pagi. Aktivitasnya berlanjut dengan sarapan yang terdiri dari tiga sandwichtelur goreng lengkap dengan keju, daun selada, tomat, bawang goreng dan mayonnaise. Itu masih ditambah dengan dua cangkir kopi, lima omelette telur, semangkuk jagung, tiga lembar roti panggang Prancis plus gula di atasnya dan tiga potong kue dadar coklat.

Di makan siang, hampir setengah kilogram pasta bisa dia santap yang diteruskan dengan dua potongan besar ham serta sandwich keju dengan daun selada yang dibungkus roti putih. Untuk menurunkan semua itu ke perutnya, minuman energi yang memeiliki 1.000 kalori akan dia tenggak.

Menu makan malam sdikit berkurang meski masih ada setengah kilo lainnya pasta serta satu loyang pizza. Jangan lupakan juga 1.000 tambahan kalori dari minuman energi.

Insight :
Seorang Juara Dunia sekalipun, adalah tetap seorang manusia, walaupun ramai diperbincangkan tentang Michael Phelps yang ditanya, manusia atau ikan, tetap aja kita percaya bahwa Phelps adalah seorang Manusia (betul kan, karena kalau ikan kan tinggalnya selalu di air, yach).
Rupanya selain sarapan, kuncinya menjadi juara dunia, adalah Giat Berlatih Sudah Pasti, Selalu Latihan, latihan dan latihan.
Saya jadi teringat, Kita Bisa, karena Biasa, mungkin saking seringnya si Michael Phelps ini latihan, sampe2 masuk ke dalam pikiran bawah sadarnya, jadi kalau lihat kolam renang (bahkan cuma melihat air), yang ada dalam pikirannya adalah renang.
Kuncinya untuk menjadi juara rupanya adalah Latihan, Latihan, Latihan.
Maka, Berlatihlah, Jadilah Juara Dunia Sejati.

One response to “Kita Bisa Karena Biasa

  1. kebanyakan cuma pengen hasilnya saja, tanpa mau berkeringat. patut dicontoh tuh! gak ada keberhasikan yang instan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s